Saturday , 18 November 2017
UPDATE :
You are here: Home >> Berita >> Penelitian Sapi Bali di Teaching Farm Fakultas Peternakan Universitas Mataram

Penelitian Sapi Bali di Teaching Farm Fakultas Peternakan Universitas Mataram

IMG_8390

Peneliti Universitas Mataram sedang melaksanakan penelitian yang didanai oleh Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) bekerjasama dengan University of Queensland dan BPTP NTB untuk mengetahui pengaruh kualitas pakan induk selama kebuntingan dan laktasi terhadap kesehatan pedet dan pertumbuhan pedet sapi Bali sebelum dan sesudah disapih. Penelitian ini dilaksanakan di teaching Farm Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Lingsar, Lombok Barat.

Sapi Bali dara yang berbeda dalam hal pertumbuhan sebelum dan sesudah pubertas diberikan pakan berupa legume pohon atau rumput raja selama kebuntingan dan laktasi. Pertumbuhan dan perkembangan pedet sebelum dan setelah disapih diamati sejak saat lahir sampai umur 24 bulan. Sapi dara tersebut dikelompokkan dan dipasangkan berdasarkan berat badan, satu kelompok diberikan legume pohon dan kelompok lainnya diberikan rumpu raja sejak sehari setelah perkawinan.

Semua pedet akan diberikan legume pohon setelah disapih pada umur 6 bulan. Pengamatan akan dilakukan pada pertumbuhan pedet, umur/ berat badan saat pubertas bagi sapi dara, persentase karkas untuk ternak jantan yang akan dipotong pada umur sekitar 24 bulan,  produksi dan kandungan nutrient air susu sapi betina dan lama birahi kembali sapi betina setelah melahirkan.  Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai acuan bagi penelitian-penelitian  lain di Indonesia dan Timor-Leste, dan akan didiseminasikan kepada peneliti lain di Indonesia, melalui Konsorsium Riset Ruminansia Besar, dan kepada petugas penyuluh dan peternak melalui serangkaian field day yang akan dilaksanakan di lokasi penelitian. Saat ini, pedet sudah mulai lahir dan akan berlangsung selama 8 bulan kedepan sehingga data-data hasil penelitian akan didapatkan sepanjang perjalanan penelitian.

Ada beberapa peluang penelitian bagi mahasiswa dalam penelitian ini yaitu:
–       validasi sistim timbang-menyusui-timbang untuk menentukan produksi susu pada sapi Bali
–       Status hidrasi pada sapi Bali dalam masa pertumbuhan
–       Status parasit internal pada sapi Bali sebelum disapih.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Dr. Dahlanuddin
Konsorsium Riset Ruminansia Besar Universitas Mataram
dahlan.unram@gmail.com
+628175771526

About Fahrul Irawan

Scroll To Top