Thursday , 16 August 2018
UPDATE :
You are here: Home >> Berita >> TEMU LAPANG ARISA PROJECT

TEMU LAPANG ARISA PROJECT

Temu Lapang ARISA Project

Kegiatan temu lapang dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat, temu lapang di kabupaten Sumbawa Barat dilaksanakan 18 Juli 2018, dihadirkan langsung oleh tim ARISA-UNRAM, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Sumbawa Barat, pimpinan cabang BANK BRI dan BANK NTB, serta petani binaan ARISA di Kabupaten Sumbawa Barat. Kemudian di Kabupaten Sumbawa di laksanakan 19 Juli 2018, dihadirkan oleh tim ARISA-UNRAM, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbawa, pimpinan cabang BANK BRI dan BANK NTB serta petani binaan ARISA di Kabupaten Sumbawa.

 

Temu lapang dilaksanakan dengan tujuan menyampaikan capaian kegiatan selama 3 tahun project berjalan. Membangun kemitraan antara lembaga riset, swasta, pemerintah daerah dan masyarakat (peternak) untuk meningkatkan pendapatan peternak melalui adopsi inovasi yang sudah terbukti. Lembaga riset: telah menghasilkan inovasi penggemukan berbasis lamtoro (ACIAR), Swasta: menjadi pembeli dan mitra peternak (eksplor perkembangan dengan PT DARMA), Pemda: fasilitator dan penjamin keberlanjutan kemitraan, Peternak: pelaku usaha, penyedia bahan baku industri daging. Target: 1000 peternak KSB dan Sumbawa dan peningkatan pendapatan minimal 30%.

Capaian project pada tahun ke 3 di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat

Jumlah Kelompok peternak yang terlibat: 47 kelompok, Jumlah petani binaan: 1,024 Orang, Luas lahan: 666,18 Ha, Jumlah sapi yang digemukkan: 410,329 ekor. Peningkatan pendapatan: pendapatan bersih 57% (hasil impact assessment ARISA)

Harapan

Keberlanjutan dari semua pihak: pemda (integrasi hasil ARISA kedalam program Dinas), swasta dan pengusaha (mendukung peternak untuk keberlanjutan industri sapi potong), perbankan (dukungan permodalan, petugas teknis), peternak (adopsi inovasi, peningkatan produksi dan mutu).

 

 

 

About Dedi Supriadi

Scroll To Top